Kamis, September 10, 2009

Mengenal AWT (Pendahuluan)

Banyak programmer akan senang bila mempelajari pemrograman berbasis window. Di java sendiri pemrograman window ditangani oleh dua paket, yaitu java.awt dan javax.swing. Sebelum kita mengenal swing di Java, ada baiknya terlebih dahulu kita mengenal apa itu AWT, karena ini adalah basic pemrograman window di Java.

Paket java AWT(Abstract Window Toolkit) menggunakan sistem penjendelaan(window) pada komputer lokal, sehingga tampilan pada tiap-tiap sistem operasi akan berbeda-beda(di Java ini diperbaiki dengan adanya swing).


Memulai Aplikasi AWT

Saya rasa cukup untuk basa-basinya, sekarang mari kita mencoba membuat aplikasi dengan memanfaatkan paket AWT di Java. Buatlah folder bernama Latihan, yang nantinya folder ini akan menampung program-program yang akan kita buat. Untuk langkah pertama cobalah program sederhana berikut ini :

Code:

//Latihan : LatihanFrame1.java

import java.awt.*;

public class LatihanFrame1 {

public static void main(String[] args) {
Frame f = new Frame("Membuat Frame kosong");
f.setSize(300,100);
f.show();

}
}


Penjelasan program :

Karena kita melibatkan paket awt, maka kita perlu mengimpor paket java.awt dengan pernyataan :

Code:
import java.awt.*;


Untuk membentuk suatu frame, di dalam metode main() yang menjadi start awal pengeksekusian program di atas, ditunjukkan dengan pernyataan :

Code:
Frame f = new Frame("Membuat frame kosong");


Frame adalah kelas dalam paket AWT untuk menciptakan jendela dengan judul di bagian atas yang memungkinkan menu pulldown di buat.

Pernyataan

Code:
f.setSize(300,100);


Digunakan untuk mengatur ukuran frame dengan lebar 300 piksel dan tinggi 100 piksel.

Pernyataan :

Code:
f.show();


Berguna untuk menampilkan frame tersebut.


Untuk latihan kedua kita akan melibatkan konstruktor dalam program yang akan kita buat. Sebenarnya prinsipnya sama saja dengan program di atas. Untuk lebih jelasnya, cobalah program di bawah ini :

Code:
//Latihan : LatihanFrame2.java

import java.awt.*;

public class LatihanFrame2 extends Frame {

public LatihanFrame2() {
super("Membuat Frame kosong2");
setSize(300,100);
show();

}

public static void main(string[] args) {
LatihanFrame2 f = new LatihanFrame2();

}

}


Tambahan pada program yang baru kita buat adalah adanya konstruktor, yaitu ditunjukkan dengan pernyataan :

Code:

public LatihanFrame2() {

super("Membuat frame kosong2");
setSize(300,100);
show();


Mengingat dalam konstruktor terdapat perintah untuk memberikan judul, mengatur ukuran jendela, dan menampilkan jendela, maka penciptaan objek

Code:

LatihanFrame2 f = new LatihanFrame2();

membuat jendela ditampilkan.

Tidak ada komentar: